setting APN Access Point Name pada Blackberry

Agar kita tidak akan dikenakan tambahan biaya GPRS, Kita harus juga memeriksa setting APN (Access Point Name) pada handset Blackberry.karena sebenarnya kita sudah belangganan Blackberry Internet Service baik paket harian, mingguan atau bulanan karena paket-paket tersebut sudah mengemas semua layanan secara unlimited.

Tetapi terkadang kita menerima tagihan atau keadaan dimana pulsa kita terpotong akibat biaya penggunaan GPRS, kenapa demikian? maka dari itu silahkan periksa setting APN yang ada pada BlackBerry kita.

Caranya adalah dengan masuk ke menu sebagai berikut:
OPTIONS > ADVANCE OPTIONS > TCP (klik)
Username dan Password biarkan Kosong
Ada 3 pilihan :
1. APN : blackberry.net
Maka browser BB hanya akan bisa mengakses situs2 yang sesuai dengan Blackberry (BlackBerry friendly). Situs yang BB friendly itu tidak akan kena charge GPRS. Untuk situs yang tidak BB-friendly, maka tidak dapat diakses.
2. APN : [dikosongkan]
Maka browser Blackberry dapat mengakses keduanya, apabila situs itu BB friendly, maka tidak bayar. Jika masuk kedalam situs yang tidak BB friendly makan akan dikenakan charge biaya GPRS sesuai operator yang berlaku. (contohnya situs radio streaming, Youtube).
3. APN : wap.-operator-
Ini tidak direkomendasikan karena, semua situs yang diakses akan dikenakan biaya GPRS, meskipun sudah BB friendly.
Kemudian, pada browser Blackberry, kita harus merubah konfigurasi yang ada pada menu configuration sebagai berikut:
- OPTIONS > ADVANCE OPTIONS > BROWSER.
- Default browser configuration > pilih INTERNET BROWSER.
Tips : Untuk akses youtube, radio dan video streaming lainya, sebaiknya menggunakan akses Wi-Fi, sehingga tidak akan ada tambahan biaya pemakaian GPRS.

You Might Also Like

0 comments

thank you for supporting and leave a comment

Popular Posts

Flickr Images